20 July 2016

Istilah2 Di Sebalik Street Art


Banyak istilah dalam seni jalanan 
 dan digunakan dalam bahasa sehari-hari budaya graffiti. 
Anda mungkin pernah mendengar istilah seperti ‘bombing,’ ‘tag,’ ‘writer,’ ‘spot,’ dan lainnya. Tetapi, apakah anda tahu maksud dari istilah tersebut?
 Juga, apakah kamu tahu istilah-istilah lainnya di dunia street art? 
Untuk menambah sedikit pengetahuan kalian, 
berikut di berikan kata-kata atau istilah yang familiar di dunia seni jalanan ini.

Spot Jocking
Spot jocking, adalah istilah yang digunakan ketika seseorang menempatkan karya mereka dengan sedikit menimpa karya dari artist terkenal.

Getting Up
Istilah ketika seorang seniman menempatkan graffiti-nya secara konsisten di beberapa tempat suatu kota. Hal ini dilakukan bermaksud untuk membangun reputasi dari si artist. Ketika sesorang mengakui karya dari artist bersangkutanmaka tujuan dari getting up sudah berhasil.

Legal Wall
istilah bagi graffiti yang dibuat di tembok dengan mendapatkan izin oleh si pemilik bangunan, atau tempat khusus yang boleh digambari graffiti oleh siapa saja.



Sticky Side
Kegiatan menempelkan stiker di berbagai tempat seperti halte bus, rambu-rambu jalan, atau tempat umum lainnya. Stiker yang ditempelkan biasanya berupa tag dari si artist atau karakter khusus buatan artist bersangkutan. Stiker yang terkenal di kalangan street artist biasanya bertuliskan “Hello My Name Is.”

Roller
Karya graffiti yang dibuat dengan sebagian besar menggunakan cat tembok dan kuas rol dibandingkan dengan cat semprot. Kegiatan ini ditujukan bagi karya berukuran besar yang membutuhkan warna lebih banyak daripada umumnya, seniman seperti Blu, Aryz, dan Skewville adalah beberapa seniman yang sering menggunakan teknik ini.




Run Time
Istilah yang mengacu pada seberapa lama karya graffiti berada di jalanan. Lamanya waktu dihitung dari pertama kali karya tersebut muncul di suatu tembok. Karena sifat karya street art yang mudah ditimpa dan hilang, semakin lama suatu karya bertahan, maka semakin bergengsi pula karya tersebut. Tercatat, street artist asal New York Costs dan Revs memiliki poster dan roller yang telah bertahan lebih dari 20 tahun

Heaven Spot
Istilah bagi karya graffiti yang ditempatkan di area yang sulit dijangkau dan sulit untuk dihapus atau dihilangkan, tetapi paling mudah dilihat oleh semua orang atau strategis, gedung tinggi dan bilboard contohnya. Heaven spot memiliki tantangan tersendiri bagi para graffiti writer untuk membuat karyanya di spot-spot tersebut, karena selain berbahaya sekaligus bisa menaikkan pamor dari si artist tersebut. Untuk mencapainya hal yang mutlak dimiliki adalah tidak takut ketinggian dan memiliki skill memanjat. Invader dikenal sering menempatkan karya-karyanya di area strategis di berbagai belahan kota dunia.


 beginilah keadaan bila si anak lebih tinggi dari maknya  







Wildstyle
Graffiti text dengan gaya tiga dimensi, kadang saling menyilang, dan sukar untuk dibaca ketika pertama kali melihatnya.

Tag
Kata lain bagi tanda tangan tapi lebih bergaya dan memiliki ciri khas masing-masing. jenis graffiti yang paling sederhana,tag sering dibuat dengan warna yang kontras dengan latarnya. Selain dibuat terpisah, tag juga sering disematkan ketika artist selesai membuat karyanya. Sebagai tanda tangan mengikuti seniman tradisional yang selalu memberikan signaturedalam karya-karyanya.





Bomb/bombing
Kegiatan membuat banyak karya di suatu tempat, dikenal dengan istilah ‘bombing’. Bombers biasanya memilih gaya yang mudah dieksekusi seperti tag dan throw-up agar bisa dilakukan secara cepat dan tidak diketahui.

9 comments:

  1. nice ntry kak... tak penah terpikir pun psl semua istilah2 tuh...
    kire pertama kali dpt tau nih...

    ReplyDelete
  2. ini lah penarik utk org dtg kan kak.... cantik2 lukisan nye..mmg betul2 nampak 3d nyer...

    yg pasti istilah2 ni lieya tak amik tau sebelum nie...skrang dah tau....tq kak for sharing...

    ReplyDelete
  3. Perkongsian info yg sgt menarik...tq

    ReplyDelete
  4. menarik...street art dan istilah2nya..

    ReplyDelete
  5. Owhh ada byk istilah rupanya..yg dok png ni pun street art penang pun tak sampai lg.hehe

    ReplyDelete
  6. Masa pergi Ipoh & Penang aritu saya belum berkesempatan melawat artstreet ni...

    ReplyDelete
  7. X berkesempatan lagi melawat artstreet ni walau kat Seremban dah byk ada dh...

    ReplyDelete
  8. banyak istilah street art rupanya...

    mmm yang silat tu di balik pulau

    yang lain macam tak pernah pergi lagi huhu

    ReplyDelete



• بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ •
Terimakasih...komen anda amat dihargai..
●▬▬▬▬▬▬▬▬❤Kamsiah❤▬▬▬▬▬▬▬▬●

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2017 Kamsiah Yusoff. All Rights Reserved. Designed by Cik Nurfarah.